Wednesday, May 17, 2017

Korosi


          Korosi adalah reaksi redoks antara suatu logam dengan berbagai zat di lingkunganya yang menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak dikehendaki atau korosi bisa juga disebut dengan perkaratan.Pada peristiwa korosi ,logam mengalami oksidasi dan oksigen mengalami reduksi.Korosi merupakan proses elektrokimia.

Faktor-faktor yang menyebabkan korosi
    Faktor yang menyebabkan korosi bisa dibagi menjadi 2 yaitu,dari bahan itu sendiri,seperti struktur bahan,cara bahan dan juga dari lingkungannya seperti udara(oksigen),suhu,kelembapan dan keasaman.
Cara pencegahan korosi
      Pada cara pencegahan dibagi menjadi 2 yaitu Perlindungan Mekanis dan Perlindungan Elektrokimia.
Perlindungan Mekanis dapat dilakukan dengan mengecat besi atau logam ,membungkusnya atau melapisinya dengan plasik dan penyepuhan.
Perlindungan Elektrokima adalah perlindungan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya korosi elektrolitik.Perlndungan elektrokimia ini juga disebut perlindungan katode(proteksi katodik) atau pengorbanan anode (anodaising).Cara ni dilakukan dengan menhubungkan logam pelindung.Logam pelindung akan ditanam di dalam tanah atau air dekat logam yang akan dilindungi.contohnya yaitu,
1.Untuk mencegah korosi,pipa di dalam tanah, didekatnya ditanam logam yang lebih akif
2.Bagi menara-menara besar ,di bagian kaki menara dihubungkan dengan lempeng magnesium yang ditanam didalam tanah.

No comments:

Post a Comment